RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD Islam Al Bina Masohi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : IV / Genap
Materi Pokok : Iman Kepada Rasul Allah
AlokasiWaktu :
1x 4 JP ( 1x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar & Indikatro Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikatro Pencapaian Kompetensi
|
1.5.
Meyakini adanya Rasul-rasul Allah
SWT.
2.5 Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh
keimanan kepada para Rasul Allah Swt. yang tercermin dari perilaku kehidupan
sehari-hari
3.5 Memahami makna iman kepada Rasul Allah
SWT
4.5 Mencontohkan makna iman kepada Rasul
Allah SWT
|
1.5.1 Yakin adanya Rasul-rasul Allah SWT.
2.5.1 Membiasakan perilaku sabar dalam kehidupan
sehari-hari
3.5.1 Menjelaskan
makna iman kepada Rasul Allah SWT
3.5.2 Menyebutkan
nama-nama rasul Allah SWT
4.5.1 Menghafal nama-nama Rasul Allah SWT
4.5.2 Mengurutkan nama-nama rasul Allah
SWT
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti Pembelajaran
melalui Metode Bernyanyi dan Card Short, Peserta
didik diharapkan dapat :
1.
Meyakini bahwa Allah AWT memiliki 25 Nabi
dan Rasul yang harus di percayai`
2. Membiasakan
sikap sabar dan semangat berjuang dalam kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan
Pengertian iman kepada Rasul Allah
SWT
4. Menghafal
serta mengurutkan 25 Nama Nabi dan Rasul
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian iman kepada Rasul Allah
SWT
2. 25
Nama Nabi dan Rasul yang
wajib dipercayai
3. Contoh
Sikap yang diteladani oleh Para Nabi dan Rasul.
E. Metode Pembelajran
1.
Card Short
2.
Bernyanyi
F. Media Pembelajaran
1. Slide Persentase/LKS
2.
Perangkat ICT &Sound
3.
Teks Lagu 25 Nabi dan Rasul
G. Sumber Belajar
1.
Al-Qur’an
2.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD/MI Kls IV: Buku Guru dan Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
3.
Lingkungan sekitar sekolah.
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Guru dan siswa berdo’a bersama-sama yang dipimpin
oleh peserta didik untuk mengawali pembelajaran
b. Mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
c. Apresepsi :Meminta peserta
didik untuk menyebutkan nama-nama nabi dan rasul yang dihafalnya
d. Menyampaikan kompetensi dan
materi yang akan dipelajari
e. Mempersiapkan media/alat
peraga/alat bantu
2. Kegiatan Inti
a. Mengajak
Peserta didik untuk mengamati Video tentang Rasul-Rasul Allah melalui tayangan
yang ditampilkan
b. Tanya jawab
terkait makna video
c. Memperkenalkan
lagu 25 Nama Nabi (vocal : Dea Ananda)
d. Guru Memberi
contoh yang baik cara bernyanyi lagu 25 Nama nabi dengan baik dan benar.
e. Dengan suara
yang kompak, Peserta didik secara klasikal diajak untuk mendramatisasikan lagu
25 nama nabi dan Rasul dengan cara melihat lirik.
f. Menyanyikan
lagu 25 nabi dilakukan secara berulang kali sehingga peserta didik mampu
bernyanyi tanpa melihat lirik`
g. Guru memberi
penguatan tentang pengertian iman kepada rasul-rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
h. Siswa dalam kelas dibagi
menjadi beberapa kelompok secara heterogen.
i. Masing-masing kelompok
diberi potongan kartu yang berisi 25 Nama Nabi/rasul.
j. Kemudian kelompok diberi
waktu mengurutkan dan mengelompokkan kartu-kartu berdasarkan lagu yang telah
mereka hafalkan.
k. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil dari kerjasama kelompoknya.
l. Siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
m. Peserta didik menerima penguatan materi Iman kepada Rasul Allah dan
kesimpulan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
3. Kegiatan Penutup
a. Bersama Peserta
didik, membuat rangkuman hasil pembelajaran
b. Melaksanakan evaluasi
c. Memberi penguatan
sekaligus tausiah terkait materi yang sudah di pelajari
d. Menyampaikan rencana
kegiatan pada pertemuan berikutnya
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Tehknik
Penilaian
a.
Sikap :
Observasi
b.
Pengatahuan :
Tes Tertulis
c.
Ketrampilan :
Unjuk Kerja
2. Instrumen Penilaian
a.
Sikap Spiritual/Sosial
Bentuk Instrumen : Jurnal Sikap
Rubrik Jurnal :
NO
|
WAKTU
|
NAMA
PESERTA DIDIK
|
CATATAN PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
b.
Pengetahuan
Soal :
1. Jelaskan pengertian beriman
kepada Rasul Allah !
2. Tulislah 25 nama nabi dan
Rasul yang wajib kita percayai !
Jawaban :
1. Yakin dan percaya bahwa
Allah telah mengutus hamba-hamba pilihanNya sebagai Nabi dan Rasul untuk
menyampaikan ajaranNya kepada umat manusia.
2.
1. Adam AS.2. Idris
AS.3. Nuh AS.4. Hud AS.5. Soleh AS.6. Ibrahim AS.7. Luth AS.8. Ismail AS.9.
Ishak AS.10. Yakub AS.11. Yusuf AS.12. Ayub AS.13. Sueb AS.14. Musa AS.15.
Harun AS.16. Zulkifli AS.17. Daud AS.18. Sulaiman AS.19. Ilyas AS.20. Ilyasa
AS.21. Yunus AS.22. Zakaria AS.23. Yahya AS.24. Isa AS.25. Muhammad SAW.
Kriteria Penilaian
:
Setiap Jawaban Benar dan lengkap skor 10
Penskoran :
Skor Perolehan/Skor Maksimal x 100 = Skor Akhir
c.
Ketrampilan
Rubrik menyortir kartu 25
Nama nabi dan rasul :
NO
|
Nama Siswa
|
ASPEK
|
Jum
|
Skor
|
||
Semangat
|
Aktif dalam kelompok
|
Inisiatif
|
||||
1.
|
Azwan
|
|||||
2.
|
Yahya
|
|||||
3.
|
Dst…..
|
Kriteria Penilaian :
Baik Sekali = 4
Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
Penskoran :
Skor Perolehan/Skor Maksimal x 100 = Skor Akhir
Mengatahui, Masohi,
……………………2016
Kepala Islam Al Bina Masohi Guru
PAI &BP
Darno Yusuf Mulyono, S.PdI D. Yusuf. M, S.PdI
NIP. 19831210 200804 1 001 NIP. 19831210
200804 1 001
Lampiran : Lembar Penilaian
Ketrampilan
menyortir kartu 25 Nama nabi dan rasul
NO
|
Nama Siswa
|
ASPEK
|
Jum
|
Skor
|
||
Semangat
|
Aktif dalam kelompok
|
Inisiatif
|
||||
1
|
Abdul Latif Karepesina
|
|||||
2
|
Achmed Syaddad Sahib
|
|||||
3
|
Alfan Khair
|
|||||
4
|
Diah Nutia Inayah
|
|||||
5
|
Dzakir Mahfudz Mukadar
|
|||||
6
|
Fidya Anggi Lahamina
|
|||||
7
|
Mentari Nurul Rahma Suyoto
|
|||||
8
|
Misbahul Munir
|
|||||
9
|
M. Fikran Fauzan Wakano
|
|||||
10
|
M. Fikri Fauzi Wakano
|
|||||
11
|
Nafisah Huraiyah Ode
|
|||||
12
|
Nur Afifah Toraha
|
|||||
13
|
Raihan Arkan Haidar
|
|||||
14
|
Reskianti As Syahrani
|
|||||
15
|
Salma Ohoibor
|
|||||
16
|
Shanaya Aleyda Shabira
|
|||||
17
|
Syahifman Arfah Leuly
|
|||||
18
|
Tamamul Azhar
|
|||||
19
|
Wa Ode Safa Riski
|
|||||
20
|
Wildan Nada Muadzan
|
|||||
21
|
Khanaya E. Salsabila Pattiiha
|
Lampiran : Lembar Lirik Lagu 25 Nama
Nabi
Judul : 25
Nabi dan Rasul
Vocal : Dea
Ya Dana.. Ya Dana.. Ya Dana.. Dana
Ya Dana.. Ya Dana.. Ya Dana.. Dana
Adam Idris Nuh Hud Saleh
Ibrahim Luth Ishak
Ismail Yakub dan Yusuf
Syuaib Harum Musa Daud
Zulkifli Sulaiman
Ayub Yunus Zakaria
Ilyas dan Ilyasa
Yahya Isa dan Muhammad
Itu semuanya Nabi
Kita Orang Islam
Dua puluh lima Nabi
Nabi Umat Islam
Dua puluh lima Nabi
Itu utasan Allah
Ya Nabi…. Ya Rasul …
Ya Nabi…. Ya Rasul …
Mengurutkan
25 Nama nabi dan Rasul
Urutkan
nama-nama Nabi dan Rasul di bawah ini secara
berurutan!
ADAM
NUH
SOLEH
IBRAHIM
YUNUS
YUSUF
ISMAIL
IDRIS
YAAKUB
SYU'AIB
HARUN
MUSA
HUD
ILYAS
DAUD
ILYASA
ZAKARIYA
ISHAK
YAHYA
ISA
ZULKIFLI
SULAIMAN
LUTH
MUHAMMAD
AYUB
pak rpp kls 4 yang bisa di danlowd ada
BalasHapus